Pages

Tuesday 20 September 2016

Apakah Saya Hamil???

Seperti judul postingan ini, saya ingin menuliskan pengalaman pertama saya saat saya mengetahui bahwa saya hamil. Saya menikah pada tanggal 3 April 2016 dan pada saat itu saya baru 3 hari selesai menstruasi. Seorang teman yang sudah menikah memberitahu bahwa kalau menikah tidak lama setelah menstruasi 'biasanya' akan langsung hamil, yang saya amini saja pada saat itu, karena memang saya dan pasangan tidak ada niat menunda kehamilan, terserah saja kapan akan dititipi amanah oleh Allah.

Saya menggunakan aplikasi hp 'My Calendar' yang fungsinya untuk merekam kapan hari pertama dan kapan hari terakhir saya menstruasi setiap bulannya, dan aplikasi ini  dapat memprediksi kapan saya akan menstruasi bulan-bulan berikutnya. Selama saya menggunakan aplikasi ini seringnya terdapat perbedaan 1-2 hari antara tanggal menstruasi dengan tanggal perkiraan yang kadang mendahului ataupun terlambat.

Perkiraan hari pertama mensruasi saya pada bulan April adalah tanggal 23 April, sehingga saya menduga saya akan menstruasi antara tanggal 21 s.d. 25, sehingga saya agak kaget saat sampai tanggal 26 April saya masih belum juga datang bulan. Tentunya saya langsung curiga bahwa saya hamil, terutama kalau ingat kata-kata teman, tapi saya memutuskan untuk menunda test pack, karena siapa tau saya ke GR an dan ini hanya 'telat' biasa. 


Setelah 'telat' sampai tanggal 29, besoknya saya membeli test pack ke apotek. Mba penjualnya menawarkan test pack seharga 6000 rupiah (murah sekali kan), dan saya meminta satu lagi yang harganya lebih mahal (20rb), yang menurut mbanya hasilnya akan sama saja, tapi karena ini pertama kali maka saya mau ada perbandingan. Mba penjualnya menyarankan agar test pack dilakukan pada pagi hari setelah bangun pagi karena menurut dia hasilnya lebih akurat, dan saya pun menurutinya.

Besok paginya (1 Mei) saya mencoba kedua test pack tersebut dan alhamdulillah kedua test pack tersebut menunjukkan hasil yang sama..sama-sama 2 garis yang jelas terlihat. Setelah itu bingung mau ngapain,,hehe,,karena pas saya tes ini saya sedang di rumah orang tua, dan suami di rumahnya, jadi saya juga tidak bisa mengabari suami secara langsung,,alhasil saya bertanya kepada teman yang seorang dokter dan juga sudah memiliki dua anak, dia menyarankan agar saya minum Folavit (suplemen asam folat) dan memeriksakan diri ke dokter spesialis nanti2 saja kalau sudah lewat 2-3 mingguan dari test pack, dan saya pun menurutinya.

Saya baru memberitau pak suami malamnya saat dia datang ke depok,, saya tidak bilang secara langsung, saya cuma kasih kedua test pack tersebut dan suru dia baca sendiri,,sesudah dia baca dia tanya lagi,,beneran nih hasilnya positif,,hehe,,dia kaget juga karena kami baru saja menikah dan alhamdulillah langsung ketitipan amanah. saya mengabari orang tua saya beberapa hari setelahnya, bahkan kami baru mengabari ibunya suami saya setelah kami periksa ke dokter spesialis (kata suami mengabari ibunya nanti saja sesudah jelas dari dokter).

Kami pertama kali ke dokter kandungan pada tanggal 25 May 2016 tepatnya hari Rabu. Suami menyerahkan sepenuhnya kepada saya mau ke dokter kandungan mana dan dimana, dia hanya minta jadwalnya yang dia bisa ikut menemani. setelah googling2 mencari tau dokter spesialis kandungan perempuan yang rekomended dan jadwalnya pas, akhirnya saya memutuskan untuk ke dr. dewi kooskurniawati, Sp. OG di RS HGA Depok. Menurut hasil googling dan testimoni beberapa teman saya katanya dokter ini bagus (banyak memberikan penjelasan) tetapi memang nunggu sampai giliran kita lumayan lama. pertama kali saya datang saya dapat nomor 5, dan saya harus menunggu hampir 2 jam sampai giliran saya tiba. 

Alhamdulillah pada kehamilan pertama saya ini saya tidak mengalami ga enak badan, atau pusing sebagai penanda kehamilan, hanya murni menstruasi telat. tapi pada beberapa orang ada yang mengalami pusing-pusing, dll.

pengalaman periksa ke dr. dewi kooskurniawati, Sp.OG akan saya tulis pada postingan selanjutnya :D


yg kiri (ungu) harganya 6rb, yg kanan (biru) harganya 20rb
foto ini diambil 5 bulan setelah tes, jd garisnya sudah tidak seterang pertama kali tes

2 comments:

  1. tokcer ya ing #eh ^^v bagian testpack sama ngitung2 telat mens emang momentum banget ya ing, Alhamdulillah :) moga sehat2 kehamilannya ya ing, udah berapa week sekarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk..blog ku dah lamaga aktif mba wir,, jdlah baru baca comment mba wir hari ini :))

      Delete